SEB (Safe Exam Browser) Portable

SEB (Safe Exam Browser) Portable Untuk Ujian CBT (SD,SMP,SMA/K)


Pengertian Tes Terkomputerisasi
  
   Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.
   Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN tahun 2015 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan sistem CBT untuk mendapatkan hasil tes yang valid, dan dapat dipertanggungjawabkan
   UN akan dilaksanakan dalam waktu yang bersamaan, untuk jenjang SMP/Mts, SMA/MA dan SMK. Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran yang sama dengan ujian menggunakan Paper Based Test (PBT). Jadi setiap peserta akan mengerjakan seluruh mata pelajaran secara terkomputerisasi (CBT) dengan waktu yang sudah ditentukan dikenal dengan sebutan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer).
   Dan saat ini pun Try Out Provinsi pun menggunakan metode Computerized Based Test (CBT) dengan aplikasi untuk client menggunakan Safe Exam Browser (SEB).
   SEB (Safe Exam Browser) adalah sebuah perangkat lunak yang akan membuka jendela browser web tanpa elemen navigasi dan mengunci komputer ke modus kios, yang mencegah beralih ke aplikasi lain atau berhenti SEB waktunya. SEB memungkinkan ujian aman pada komputer unmanaged seperti laptop siswa sendiri maupun di lingkungan dikelola.



   Saat SEB terintegrasi dengan pembelajaran penyebaran sistem manajemen lebar (LMS) Moodle, ILIAS dan OpenOLAT dan beberapa sistem ujian komersial dan non-komersial, seperti misalnya Inspera Assessment. Secara umum dapat dengan mudah digunakan dengan sebagian besar secara online kuis dan e-penilaian sistem berbasis web.
  
   Namun dalam penggunaannya Safe Exam Browser perlu dilakukan penginstallan, untuk itu perlu dibuat portable agar tidak perlu melakukan installasi pada seluruh client, cukup di paste pada desktop, jika anda membutuhkan file SEB (Safe Exam Browser) versi Portable bisa kalian download (Disini).

    Untuk menjalankan aplikasi SEB (Safe Exam Browser) perlu dilakukan penginstallan NET.Framework 4.5.2 terdahulu, langsung saja berikut ini link download NET.Framework 4.5.2 Offline Installer (Disini)

#Semoga Bermanfaat. ☺


Komentar

  1. Cocok ini buat yang TO provinsi pakai CBT

    BalasHapus
  2. Mantabb bozzz gak perlu instal lg

    BalasHapus
  3. Cara menginstallnya bagaimana? Mohon penjelasannya

    BalasHapus
  4. reques SEB 2.2 yg portable pak

    BalasHapus
  5. apakah SEB dapat mengetahui atau mengecek siswa yang laptopnya terhubung dengan LCD?

    BalasHapus
  6. Url sudah di perbaiki, mohon maaf karena padatnya kegiatan sampai jarang terpantau

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan SEB Untuk CBT (Computer Based Test) di Windows